Wisata Indonesia Timur

Jalan jalan dikawasan Indonesia Timur

Wisata Indonesia Timur Blog

Salam dari Saya
Blog ini saya buat sejak bulan Agustus 2009, yaitu mengingatkan saya sewaktu masih aktif dan bertugas  disalah satu institusi dan karena pekerjaan saya mengharuskan berjalan / mengunjungi beberapa cabang didaerah dan pada waktu luang menyempatkan diri ke lokasi wisata tersebut, Hampir 90 % bagian lokasi telah saya kunjungi, namun tidak semua tempat saya abadikan, oleh karena itu pada penyusunan blog ini selain menggunakan foto pribadi saya , beberapa foto dan referensi kami kutip dari berbagai literatur, media internet yang telah saya edit dan beberapa juga kami cantumkan sumbernya.

Riwat Singkat (cuplikan pengalaman)

Sampaia dengan tahun 1981 saya berdomisi di Makassar
Sejak tahun 1982 , bertugas di Palu
Poso (1982-1988)
Tahun 1982 -1984 Bertugas di Kecamatan Lembo Kabupaten Poso, dengan wilayah kerja mulai dari Kecamatan Mori Atas, Kecamatan Lembo, Kecamatan Petasia dan Kecamatan Bungku Utara. Sewaktu bertugas di Bungku utara, menyempatkan diri bersilatur rahmi dengan suku bajoe , pulang membawa ikan kering yang ditukar dengan Gula dan tembakau. Yang sangat unik di Baturube tempat suku terasing Wana, di pinggiran hutan terjadi transaksi bisu/ pasar bisu yaitu pertukaran benda-benda tanpa kata-kata, saya mendapatkan seperangkat alat sumpit yang ditukarkan dengan celana Jeans, dan lebih menarik lagi saya pernah menukarkan uang kertas seratus rupiah yang warna merah 10 lembar dengan sebilah pedang samurai.
Di Beteleme , saya pernah memelihara sepasang rusa berbuluh bintik2 putih. dan pernah menetaskan sebutir telur burung maleo (saya peroleh dari Baturube) , hanya saja anak burung maleo sempat hidup 6 hari, karena sifat burung maleo yang terkurung yaitu bunuh diri, terbang membenturkan kepalanya ke didinding. dan pernah juka memelihara kera mungil sebesar kepalan tangan sejenis binatang tritus?.  
Tahun 1984-1986, bertugas di Kecamatan Tojo Una-una dengan wilayah kerja mulai dari Uekuli , Marowo, Ampana, Ampana Tete, dan Una-una. Ditempat ini saya pernah memelihara Seekor Anoa sampai berumur 2 tahun. dan seekor kus-kus, Memelihara ayam blasteran ayam kampung dengan ayam Bangkok, memelihara ayam hutan jantan dan betina warna hijau, serta ayam kate.  
Tahun 1986-1988 Bertugas di Kabupaten Poso dengan wilayah kerja seluruh wilayah di Kabupaten Poso. selama di Poso saya lebih banyak mengembangkan hobbi memmancing , pernah sekali kami kehilangan arah terbawa arus sampai keluar perarairan sulawesi bagian timur terombang ambing gelombang laut selama 2 hari.
Tahun 1988-1997 Bertugas Di Palu dengan wilayah kerja Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Poso, Labupaten Luwu Banggai dan Kabupaten Buol Toli-toli. Satu pengalaman yang sangat menarik sewaktu mengunjungi pedesaan di Donggala, ketemu dengan suku tolare, suku yang suka berpindah2, mereka belum tau bahwa Republik ini sudah merdeka 45 tahun yang lalu. dan mereka suka sekali menawarkan barang antik seperti Guci, piring dan lain-lain, tetapi semua palsu. dan lebih aneh lagi kemana saya pergi, saya selalu diikuti oleh mereka, ternyata yang mereka ikuti sebenarnya bukan saya, tetapi Radio Transistor yang saya bawa, mungkin mereka heran kok, ada kotak yang bisa mengeluarkan suara.
Tahun 1997-2001 Bertugas Di Jakarta dengan wilayah kerja seluruh Indonesia., pada periode ini , seluruh kota Ibu Kota Provinsi telah saya kunjungi sampai 2-3 kali kecuali Timor Timur dan Aceh , karena waktu itu sementara bergejolak, sedangkan Kabupaten kota lainnya hampir 90% saya kunjungi. Perjalanan ke kabupaten/ kota di masing-masing provinsi diawali dari ibukota Provinsi selanjutnya dengan menggunakan Kendaraan darat/Mobil (hampir seluruhnya diwilayah sumatera, Kaltim, Jawa,Kalbar,Bali ) , atau sebagian kendaraan air/ perahu di Kalsel, kalteng, Kapal di Nusa tenggara, Maluku, serta dengan Pesawat Udara di Papua. Pernah ditugaskan ke Jawa timur selama hampir sebulan, dan menyempatkan berjalan jalan ke G Bromo, Tretes. dan daerah wisata di Jawa Timur.Tugas yang sangat menarik yaitu perjalanan ke Papua, di Jaya Pura walaupun tidak sempat berfoto dengan penduduk asli setempat namun membawa oleh -olah Koteka, , setelah mengunjungi semua kabupaten kota di Papua dengan Pesawat udara kemudian dilanjutkan ke Ambon (Maluku), selanjutnya ke Ternate, dan pulang kembali ke jakarta melalui Manado Sulawesi Utara setelah mengunjungi semua wilayah kabupaten kota termasuk Bunaken, waktu itu Gorontalo masih bagian dari dari Sulawesi utara.
Sewaktu di Jakarta , semua situs wisata di Jakarta , jawa barat telah kami kunjung bersama keluarga.
Tahun 2001-2004, bertugas di Jawa Tengah dan DI Yogya Karta. Pada Periode ini , semua  jalan yang menghubungkan antara satu kota dengan kota lainnya telah saya lewati tanpa kecuali, seperti jalan yang melewati gunung merapi, Pegunungan Dien, Jalan pintas Ambarawa, Lewat Wonosobo (singgah di wonosobo makan sate kambing) ke Cilacap, sampai kepolosok Majenang batas Jawa Tengah dan Jawa Barat.
2004-2009 Bertugas kembali di Makssar yang mencakup wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara.

Silahkan kontak kami melalui form dibawah ini

 

 

Country Guide

Indonesia Timur

Info Penerbangan

Info Pelayaran

Hotel Tanjung Palette Bone Sulsel

Hotel Wisata Pare Sulsel

Unduh Cersil Gratis

Sejak 20 Juli 2009

%d bloggers like this: