Wisata Indonesia Timur

Jalan jalan dikawasan Indonesia Timur

Layang layang Kaghati

Layang-layang Kaghati

layang layang khagatii2 bpblogspotcom

Khagati, termasuk layang yang sangat unik dan khas (ada yang menyebutnya layang layang purba) . Seluruh bahannya berasal dari tumbuh-tumbuhan. Kerangkanya terbuat dari bambu, sementara penutupnya terbuat dari daun umbi gadung. Begitu pula dengan benangnya, terbuat dari serat daun pandan duri.
Keunikan inilah yang membuat khagati selalu menjadi primadona diajang festival layang-layang internasional.
Sore hari adalah saat yang tepat untuk menaikkan layang-layang khagati ini.
Konon khabarnya , layang layang khagati ini memiliki sejarah amat tua. Jauh sebelum manusia mengenal tulisan, orang Muna sudah mengenal layang-layang. Manusia masa itu, suka melukiskan peristiwa dan aktifitas sehari-hari pada dinding-dinding goa. Mereka menggunakan ceruk-ceruk di tebing bukit batu yang terjal, untuk berlindung dari cuaca dan binatang buas.
Diceruk inilah, lukisan orang bermain layang-layang, ditemukan . Goa ini bekas hunian manusia, yang diperkirakan hidup pada jaman batu. Masa yang telah lewat puluhan ribu tahun yang lalu. Dari sinilah, diketahui layang-layang sudah ada di Muna sejak jaman purba.
Dari ceruk-ceruk yang bergambar diketahui bahwa layang-layang ini termasuk permainan petani. Permainan tersebut dilakukan petani sambil menjaga kebunnya.
Dari cerita ,  layang-layang pertama dibuat dari daun umbi gadung. Umbi ini banyak ditemukan dalam hutan maupun semak belukar dan rangkanya dibuat dari buluh.Keseimbangan adalah kunci membuat Khagati. Satu tangkai daun gadung berisi dua lembar daun betina, disisi kiri kanan dan satu lembar daun jantan ditengah. Untuk menyemat rangkaian daun dengan rangkanya, menggunakan lidi dari batang bambu. Apabila ada daun yang robek, harus diganti , potongan yang tidak sama, akan membuat Khagati tidak bisa diterbangkan.
Khagati selalu dibuat setelah musim tanam. Saat petani menunggu tanamannya tumbuh, Khagati dibuat. Diberi alat penyeimbangan yang menghasilkan suara keras. Alat ini dibuat dari kulit ari pohon waru. Suara yang ditimbulkan mampu menakuti babi hutan. Khagati tidak memerlukan benang untuk bisa terbang. Cukup dengan tali yang dibuat dari serat daun pandan duri. Khagati bisa melayang diangkasa.
Layang layang khagati ini sangat dikenal pada Festifal Layang Layang Internasional di Eropa dan selalu menjadi primadona. [referensi : indosiar.com]

Kembali ke Wisata Sulawesi Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Country Guide

Indonesia Timur

Info Penerbangan

Info Pelayaran

Hotel Tanjung Palette Bone Sulsel

Hotel Wisata Pare Sulsel

Unduh Cersil Gratis

Sejak 20 Juli 2009

%d bloggers like this: